Rabu, 06 Mei 2009

Mempercepat Kinerja Windows XP

Regedit adalah sebuah pengaturan pada windows XP dimana di dalam regedit tersebut dapat membuat segala yang tidak mungkin menjadi mungkin. Dan dapat membuat windows kita error. Membuat binggung orang karena regedit dalam komputer tersebut di ubah dengan tidak karuan semua yang mulanya berfungsi menjadi tidak berfungsi, dari awalnya windowsnya normal menjadi tidak normal hang-hang melulu, dari servis yang tidak aktif menjadi aktif, dan menjadi hancur. Mengapa bias begitu? Karena regedit pada windows be heart from system of all earning in arranging in it (jantung dari system windows).

Dari REGEDIT kinerja windows dapat di genjot kinerja di atas standar, sehingga windows prosesnya lebih ringan dan cepat. Tak lambat dimana komputer lambar membuat kita esmosi seperti kerasukan setan komputer, untuk memrubah dan mempercepat proses komputer kita ada beberapa cara, diantaranya akan di bahas sebentar lagi. Ada beberapa setingan yang tidak perlu dilakukan karena setingan tersebut dapat merepotkan kita dan membingungkan kita, diantaranya: mematikan klik tombol kanan, menyembunyikan control panel, mengunci run, mengunci task manager, dll.

Disini kita bahas yang membuat komputer bekerja dengan ringan saja, baik langsung saja hidupkan komputer setelah hidup, Klik Start-->Run-->pada kotak dialog ketikkan regedit “awas jangan sampai salah penulisannya karena kalau salah regedit tidak akan terbuka”-->kemudian setelah di ketik tekan enter pada keyboard atau klik ok.
Kalau sudah capek pegang mouse lagi pula pakai mouse kelamaan prosesnya ada cara alternative yaitu pada keyboardkan ada tombol windows nah itu tombol di tekan bersamaan dengan huruf R di keyboard (windows+R).

Sebelum melakukan seting atau obrak abrik regedit Back UP dulu regedit yang asli ke mana terseraha anda tapi jangan di taruh di dompet . Caranya setelah regedit muncul pada bagian menu tap Klik fileExportkemudian muncul kotak dialog dimana terserah anda mau menyimpan setelah ituklik Save. Baru silahkan obrak abrik regedit. Simak uraian di bawah ini untuk membuat komputer lebih ringan kinerjanya.
  1. Mengganti Nama Recycle Bin sesuai keinginan menjadi tong sampah atau apa.
    HKEY_CLASSES_ROOT/CLSID/{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}
    Klik ganda pada option (Default value) dan beri nama baru sesuai yang diinginkan pada Value Data.

  2. Memunculkan Rename Pada Recycle Bin HKEY_CLASSES_ROOT/CLSID/{645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}/ShellFolder Klik ganda pada Attributes > Edit Binary Value. Pada Value Data, ganti angka tersebut menjadi 0000 50 01 00 20.

  3. Menyembunyikan Recycle Bin HKEY_LOCAL_MACHINE/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer/Desktop/NameSpace Hapus subkey {645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}, kemudian Restart komputer untuk melihat hasilnya. Untuk memunculkannya kembali, buat kembali kombinasi angka {645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}.

  4. Membuat Desktop Lebih Stabil HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama DesktopProcess. Klik ganda DesktopProcess dan masukkan angka 1 pada Value Data.

  5. Mengubah Waktu Delay Ketika Membuka Menu
    HKEY_CURRENT_USER/Control Panel/Desktop
    Klik ganda pada MenuShowDelay dan ubah angka milidetik yang semula 400 menjadi angka lain. Semakin kecil semakin cepat manjadi 0.

  6. Mempercepat Proses Shutdown Windows XP HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/CurrentControlSet/Control Klik ganda WaitToKillServiceTimeout dan ubah nilainya menjadi lebih rendah dari 2000, missal menjadi 1000 atau 500.

  7. Mengganti AM Dan PM Menjadi Pagi Dan Sore
    HKEY_CURRENT_USER/Control Panel/International Klik ganda s1159 dan ubah teks AM dengan PAGI. klik ganda s2359 dan ubah teks PM dengan SORE.

  8. Menonaktifkan Fungsi AutoRun HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Polici
    es/Explorer Klik ganda NoDriveTypeAutoRun dan masukkan angka 95 pada Value Data.

  9. Mematikan Secara Otomatis Program Not Responding
    HKEY_USERS/.DEFAULT/Control Panel/Desktop Klik ganda AutoEndTasks dan masukkan angka 1 pada Value Data.

  10. Tweaking Memory Pada Windows XP HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/CurrentControlSet/Control/Session Manager/Memory Management Klik ganda pada DisablePagingExecutive dan masukkan angka 1 pada Value Data. Apabila diaktifkan,Windows tidak akan melakukan paging file ke dalam hard disk. Sistem operasi dan program-program menjadi lebih responsif. Disarankan untuk komputer yang memiliki memori lebih dari 128MB. Klik ganda pada LargeSystemCache dan masukkan angka 1 pada Value Data. Jika diaktifkan, sistem akan mengalokasikan seluruh memori (kecuali 4 MB untuk disk caching) untuk file caching. Komputer akan melakukan caching kernel XP di dalam memory sehingga Windows XP dapat berjalan lebih cepat.

  11. Unload .dll Untuk Mempercepat Akses Memori HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\Curr entVersion\Explorer Pilih menu Edit > New > Key dan beri nama AlwaysUnloadDLL. Pada option Default Value masukkan angka 1.

  12. Mengoptimalkan Hard Disk Disaat Komputer Dalam Keadaan Idle HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\Curr entVersion\OptimalLayout Buatlah sebuah DWORD Value Baru dan beri nama EnableAutoLayout. Klik ganda EnableAutoLayout dan masukkan angka 1 pada Value Data.

  13. Otomatis Mematikan Aplikasi Yang Not Responding
    HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop
    HKEY_USERS\.DEFAULT\Control Panel\Desktop Klik ganda AutoEndTasks dan masukkan angka 1 pada Value Data.

  14. Menonaktifkan Windows Key HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Contro l\Keyboard Layout Buat sebuah Binary Value dan beri nama Scancode Map. Klik ganda Scancode Map dan masukkan input sebagai berikut pada Value Data: 00 00 00 00 00 00 00 00 03 00 00 00 00 00 5B E0 00 00 5C E0 00 00 00 00
Nah kalo lebih jelasnya sobat-sobat bisa download materinya di sini.

10 Responses to “Mempercepat Kinerja Windows XP”

masjuni_info mengatakan...

wah,.. OK nih,.

Anonim mengatakan...

mantap nih..majuterus .... :D

alyssa soebandono mengatakan...

wah,,, langsung praktek ah...

rudee mengatakan...

praktek bareng alyssa soebandono ahhh,,,

chordie mengatakan...

wow,,, main praktek bertiga nih kayaknya asik deh,, ngikut alyssa soebandono ma rudee ah... ;))

neoreno mengatakan...

lek kok cma ni doang, wah naggung dong

kapan22 cra buat virus ja ya lek

Unknown mengatakan...

than's om infonya keren-keren

gompal mengatakan...

wah impo yg sangat berguna bagi nusa dan bangsa
tapi ada ga ya definisi di balik kode value data dan cara penulisannnya

Cikiding mengatakan...

makasih master infonya . . .

Anonim mengatakan...

Thankz infox
Sangad membantu sya....
:D

Leave a reply

 
© 2009 Blogging. All Rights Reserved | Powered by Blogger
Design by psdvibe | Bloggerized By LawnyDesignz