Minggu, 19 April 2009

Dari Hobi "Blog" Menjadi Bisnis

Akhirnya kami bertemu juga setelah sebelumnya saling kirim pesan singkat (SMS) dan berkirim surat elektronik. Ditangan Affi dan Hanif ada Blackberry dan di dalam tas Hanifa ada laptop. Itulah kantor mereka, semua ada di ujung jari dan sangat mobil.

Kami selalu bisa mengecek situs kami dari manapun dan setiap saat, juga update. Seperti sekarang lagi ada sale di Sogo, saya langsung kirim infonya lewat Twitter," kata Hanifa. Twitter adalah situs dimana anggota bisa mengirim pesan singkat tiap saat untuk anggota lain.

Yang paling menyenangkan adalah ketika hobi berkembang menjadi usaha, memperluas jaringan teman, dan tetap memberi fleksibilitas ruang dan waktu.

Awalnya, Hanif Ambadar (29) dan Affi Assegaf (31), pemilik situs Fashionese Daily yang mengklaim sebagai pembuat blog mode dan kecantikan pertama dalam bahasa Indonesia itu, tidak terpikir menjadi hobi menulis pengalaman tentang mode dan kecantikan di blog akan berkembang menjadi bisnis.

"Karena kami berdua bukan ahli mode, kami menulis dari sisi konsumen,"kata Affi. "Kami pakai gaya informal, apa adanya, tidak bias."

Ternyata , tulisan mereka disukai dan dipercaya pembaca. Blog itu berkembang menjadi komunitas ketikamereka menyediakan forum diskusi baagi anggota berbagi pengalaman dan komentar. Bahkan, situs ini juga menyediakan forum Today's Outfit dan Face of The Day dimana anggota bisa memunggah foto rias wajah yang mereka ingin anggota lain tahu. Tahun lalu situs mereka terpilih sebagai situs terbaik untuk isu perempuan dalam Hari Blogger Nasional.

Samapai Selasa lalu Fashionese Daily punya 3.800 anggota aktif yang tiap hari bartambah dan jumlah pengunjung rata-rata 4000 orang per hari. Itulah yang menarik agen iklan dan produk mendekat. Alhasil, dariiklanlah situs itu mendapat pemasukan.

"Kami masih pada tahap sangat awal. Kami tidak mau terburu-buru dan tetap akan seperti sekarang, independen, biarpun kami membahas barbagai produk,: kata Hani, panggilan Hanifa. "Kami juga tidak ingin mengenaka iuran keanggotaan."

Minat Sama
Meskipun beda angkatan dan setelah lulus dari SMA Labschool Jakarta tidak saling berkontak, Affie tetap di Jakarta dan Hani sekolah di Amerika Serikat, dunia maya memutuskan jarak dan minat yang sama menyatukan mereka.

Tahun 2005 Hani membuat blog pribadi tentang mode yang mejadi minatnya, mulai dari mode yang dia suka, arah baru, aksesoris yang dia baru beli, sampai tempat belanja.

Awal 2007 Hani mengajak bergabung Affi yang gemar menulis tentan gkecantikan."Pertemuan terjadi lewat internet,"kata Affi. Mereka lalu membeli domain www.fashionesedaily.com dan sebulan kemudian membuak forum dsikusi mode dan kecantikan.

Iklan mulai masuk akhir 2007. Hani kembali ke Jakarta Agustus 2008 dan November 2008 Affi memutuskan berhenti sebagai Public Relation Manager MAC, produk kosmetik asal Amerika.

"Awalnya berat juga karena terbiasa 10 tahun bekerja di perusahaan dan pasti mendapat gaji tiap bulan " kata Affi, ibu satu anak, yang sebulannya bekerja di Hard Rock."Sekrang saya lebih bahagia , bisa menggaji diri sendiri dan ada penghargaan."

Hani sempat bekerja di AS dan memutuskan berhenti ketika melanjutkan pendidikan S-2 di Maryville Unirvesity, St Louis, dan melahirkan anak."Kalau semua saya kerjakan berat sekali," kata Hani, ibu dua anak, yang S-1-nya di bidang pemasaran di Sothern Illinois Unirvesity. Saat itu lah Hani membangun blog.

Kini, di situs itu sehari dua kali dimunculkan artikel baru untuk menarik pengunjung. Di luar itu ada kolom Street Snap, berisi foto dari berbagai tempat, seperti peragaan busana, mal, hingga kampus; Wish List berisi produk yang ingin dipakai pengunjung; serta Toody's Outfit dan Face of the Day

Situs ini dibantu oleh orang-orang yang terserak di New York, Washington DC, Boston, London, Singapura, Jakarta, Bogor, hingga Yogyakarta. Mereka punya kontributor tetapi di New York dan Singapura, mendapat sumbangan artikel lepas, pemrogram perangkat lunak di Yogya, moderator di Washington, Baston, Singapura dan Bogor.

"Kami berdua tetap akan mengelola sendiri konten karena harus ada sentuhan pribadi. Itu yang membuat komunitas kami berkenbang, di online maupun di offline ketika ada pertemuan," kata Hani.

Dikutip: Kompas, Minggu, 19 April 2009

No response to “Dari Hobi "Blog" Menjadi Bisnis”

Leave a reply

 
© 2009 Blogging. All Rights Reserved | Powered by Blogger
Design by psdvibe | Bloggerized By LawnyDesignz